• gambar
  • gambar

Selamat Datang di Website SMKN 2 Bunguran Barat

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMK NEGERI 2 BUNGURAN BARAT

NPSN : 11003175

Jl.Ki Hajar Dewantara RT.11 RW.04 Batubi Jaya Kec.Bunguran Batubi Kab.Natuna


info@smkn2bungbarat.sch.id

TLP : 081364261112


          

Banner

Agenda

23 September 2019
M
S
S
R
K
J
S
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12

Statistik


Total Hits : 38641
Pengunjung : 22081
Hari ini : 14
Hits hari ini : 55
Member Online : 11
IP : 18.206.48.142
Proxy : -
Browser : Opera Mini

 Subbihi, S.Pd (Kepala SMKN 2 Bung Barat)

 

Awal abad 21, Perubahan teknologi terjadi selaras dengan tekanan globalisasi seperti perubahan tatanan ketenagakerjaan, dimana peluang kerja tidak lagi dibatasi oleh batas-batas suatu negara. Perubahan tersebut sangat berdampak terhadap kemampuan tenaga kerja

Kompetensi kerja suatu jabatan perlu menyesuaikan dengan perubahan-perubahan yang terjadi baik penerapan teknologi, organisasi kerja maupun regulasi-regulasi pemberlakuan pasar bebas tenaga kerja seperti MEA pada tingkat ASEAN.

Ini sejalan dengan pernyataan King, pada William Borgen, 2001 (Techical and Vocational Education and Trainning/TVET in the First Century) dewasa ini kestabilan pekerjaan telah berubah, dimana digantikan oleh kontek fleksibilitas, kemampuan adaptasi, dan pengalihan keterampilan esensial”.

Perkembangan pada dunia kerja tentu harus diikuti oleh lembaga pendidikan yang menyiapkan tenaga kerja seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK Negeri @ bunguran Barat Kab Natuna KEPRI, dimana pendekatan pengembangan sekolah kejuruan diantaranya adalah market driven. Penggunaan pendekatan tersebut memungkinkan terjadinya kesesuaian antara proses pembelajaran di sekolah dengan yang terjadi pada proses di dunia kerja atau dunia usaha, demikian juga akan terjadi keselarasan antara penguasaan kompetensi dari lulusan SMK dengan kebutuhan tenaga kerja.

Kita wajib sadar SMK memiliki tujuan menyiapkan lulusannya untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut sesuai dengan kejuruannya. Ini menunjukkan SMK sebagai institusi menyiapkan lulusannya secara komprehensif dan inklusif,membantu peserta didik menumbuhkembangkan capaian hasil pendidikannya secara bermakna berdasarkan potensi yang dimilikinya, sehingga bermanfaat bagi masyarakat dimana mereka hidup kelak setelah menyelesaikan pendidikan.

Mencapai kemampuan seperti menguasai kompetensi sesuai tuntutan keterampilan kerja abad 21, yakni keterampilan berfikir tingkat tinggi yang meliputi berfikir kreatif, berfikir kritis, memecahkan masalah, serta membangun kemampuan keterampilan literasi dan informasi teknologi,keterampilan untuk hidup mandiri sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajarinya, serta kemamuan menyesuaikan diri dengan tuntutan organisasi kerja (antara lain komunikasi dan kolaborasi), diperlukan pengalaman belajar kontekstual dalam berbagai bentuk model pembelajaransesuai dengan Kompetensi Dasar dari mata pelajaran yang dipelajarinya.

        Semoga SMK Negeri 2 Bunguran Barat dapat menunaikan amanah Pendidikan tersebut. Amin…

SALAM SMK====SMK BISA-----SMK HEBAT